Jesus Comes From Heaven
April 25, 2010
Awas Jangan Sampai Murtad
"Waspadalah, hai saudara-saudara, supaya di antara kamu jangan terdapat seorang yang hatinya jahat dan yang tidak percaya oleh karena ia murtad dari Allah yang hidup." (Ibr 3:12)
Kemurtadan (Yun. apostasia) dipakai dua kali dalam PB sebagai kata benda (.Kis 21:21; 2 Tes 2:3) dan di dalam .Ibr 3:12 dalam bentuk kata kerja (Yun.aphistemi; dalam versi lain diterjemahkan sebagai "berbalik dari"). Istilah Yunani ini ditegaskan sebagai tindakan meninggalkan, berkhianat, memberontak, mengundurkan diri atau berbalik meninggalkan sesuatu yang dahulu diikuti.
1) Menjadi murtad berarti memutuskan hubungan keselamatan dengan Kristus atau mengundurkan diri dari persekutuan yang sangat penting dengan Dia dan iman yang sejati kepada-Nya
Dengan demikian kemurtadan pribadi hanya dapat terjadi pada seseorang yang sebelumnya sudah mengalami keselamatan, kelahiran baru, dan pembaharuan melalui Roh Kudus (bd. Luk 8:13; Ibr 6:4-5); kemurtadan bukan sekedar tindakan menyangkal doktrin PB oleh mereka yang belum diselamatkan di dalam jemaat. Kemurtadan mungkin meliputi dua aspek yang berbeda namun berhubungan:
(a) kemurtadan teologis, yaitu: menolak semua atau sebagian dari ajaran asli Kristus dan para rasul (1Tim 4:1; 2Tim 4:3), dan
(b) kemurtadan moral, yaitu: seseorang yang sebelumnya percaya kini tidak lagi tinggal di dalam Kristus dan sebagai gantinya memperbudak dirinya kepada dosa dan kebejatan lagi (Yes 29:13; Mat 23:25-28; Rom 6:15-23; 8:6-13).
2) Alkitab memberikan peringatan yang mendesak mengenai kemurtadan, dengan tujuan mengingatkan kita agar waspada terhadap bahaya meninggalkan kesatuan kita dengan Kristus dan mendorong kita untuk bertekun di dalam iman dan ketaatan.
Maksud ilahi dari ayat-ayat peringatan ini jangan dilemahkan dengan pernyataan, "peringatan- peringatan ini bersifat sungguh-sungguh, tetapi kemungkinan terjadi kemurtadan secara aktual tidak ada." Sebaliknya, kita harus memandang peringatan-peringatan ini sebagai mengacu kepada realitas masa percobaan kita sehingga kita harus betul-betul memperhatikannya jikalau kita ingin mencapai keselamatan pada akhirnya. Beberapa ayat PB yang berisi peringatan adalah: Mat 24:4-5,11-13; Yoh 15:1-6; .Kis 11:21-23; 14:21-22; 1Kor 15:1- 2; Kol 1:21-23; 1Tim 4:1,16; .1Tim 6:10-12; 2Tim 4:2-5; Ibr 2:1-3; 3:6- 8,12-14; 6:4-6; .Yak 5:19-20; 2Pet 1:8- 11; 1Yoh 2:23-25.
3) Contoh-contoh kemurtadan yang sesungguhnya terjadi
terdapat dalam .Kel 32:1-35; 2Raj 17:7-23; Mazm 106:1-48; Yes 1:2-4; Yer 2:1-9; .Kis 1:25; Gal 5:4; 1Tim 1:18-20; 2Pet 2:1,15,20-22; Yud 1:4,11-13; mengenai kemurtadan yang dinubuatkan akan terjadi di dalam gereja pada akhir zaman ini.
4) Langkah-langkah yang menuju kepada kemurtadan adalah sebagai berikut:
(a) Orang-orang percaya, melalui ketidakpercayaan, tidak memperhatikan dengan sungguh-sungguh kebenaran, nasihat, peringatan, janji, dan ajaran Firman Allah (Mr 1:15; Luk 8:13; Yoh 5:44,47; .Yoh 8:46).
(b) Ketika kenyataan-kenyataan dunia ini menjadi semakin nyata dibandingkan dengan kenyataan-kenyataan Kerajaan Allah yang sorgawi, orang-orang percaya secara berangsur-angsur berhenti menghampiri Allah melalui Kristus (.Ibr 4:16; 7:19,25; 11:6).
(c) Melalui kelicikan dosa, orang percaya itu makin toleran terhadap dosa dalam kehidupan mereka sendiri (1Kor 6:9-10; Ef 5:5; .Ibr 3:13). Mereka tidak lagi mengasihi keadilan atau membenci kefasikan (Ibr 1:9).
(d) Karena degil hati (Ibr 3:8,13) serta menolak jalan Allah (Ibr 3:10), orang-orang percaya ini berkali-kali mengabaikan suara dan teguran Roh Kudus (Ef 4:30; 1Tes 5:19-22).
(e) Roh Kudus didukakan (Ef 4:30; bd.Ibr 3:7-8) dan api-Nya dipadamkan (1Tes 5:19), bait-Nya dirusak (1Kor 3:16). Karena itu akhirnya Ia meninggalkan orang yang dahulu percaya (Hak 16:20; Mzm 51:13; Rom 8:13; 1Kor 3:16-17; Ibr 3:14).
5) Jikalau kemurtadan berjalan terus tanpa dikendalikan, orang-orang percaya itu mungkin akhirnya mencapai titik di mana mereka tidak mendapat kesempatan lagi untuk kembali kepada Tuhan.
(a) Mereka yang pernah mengalami keselamatan namun kemudian dengan sengaja dan terus-menerus mengeraskan hati terhadap suara Roh (Ibr 3:7-19), terus berbuat dosa dengan sengaja (Ibr 10:26), serta menolak untuk bertobat dan kembali kepada Allah mungkin akan mencapai titik di mana mereka tidak bisa berbalik lagi sehingga tidak mungkin bertobat dan menerima keselamatan lagi (Ibr 6:4-6;Ul 29:18-21;1Sam 2:25;Ams 29:1).
Kesabaran Allah ada batasnya (lih. 1Sam 3:11-14; Mat 12:31-32; .2Tes 2:9-11; Ibr 10:26-29,31; 1Yoh 5:16).
(b) Titik di mana orang tidak bisa bertobat lagi ini tidak dapat ditentukan sebelumnya. Oleh karena itu, satu-satunya pengaman untuk tidak terjerumus ke dalam kemurtadan akhir ditemukan dalam nasihat, "Pada hari ini jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu" (Ibr 3:7-8,15; 4:7)
6) Haruslah ditekankan bahwa sekalipun kemurtadan merupakan bahaya bagi semua orang percaya yang mulai hanyut dari iman (Ibr 2:1-3) dan undur dari Allah (Ibr 6:6), perbuatan itu tidak akan menjadi lengkap jikalau orang yang bersangkutan tidak dengan sengaja dan terus-menerus berbuat dosa terhadap suara Roh Kudus
("Mat 12:31" mengenai dosa terhadap Roh Kudus).
7) Mereka yang menjauhkan diri dari Allah karena hati yang tidak percaya (Ibr 3:12) mungkin berpikir bahwa diri mereka masih Kristen namun ketidakacuhan mereka terhadap tuntutan-tuntutan Kristus dan Roh Kudus serta peringatan- peringatan Alkitab menunjukkan keadaan yang sebaliknya.
Karena kemungkinan penipuan diri ini ada, Paulus mendesak agar semua orang yang mengaku diri sudah diselamatkan untuk "uji ... dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak dalam iman. Selidikilah dirimu"(2Kor 13:5).
8) Mereka yang sungguh-sungguh mempunyai perhatian terhadap keadaan rohani dan hati mereka ingin berbalik kepada Allah dalam pertobatan memiliki bukti yang pasti bahwa mereka tidak melakukan kemurtadan yang tidak bisa diampuni. Alkitab dengan jelas menandaskan bahwa Allah tidak ingin seorang pun binasa ( .2Pet 3:9; bd. .Yes 1:18-19; 55:6-7) dan menyatakan bahwa Allah akan menerima kembali semua orang yang pernah mengalami kasih karunia yang menyelamatkan jikalau mereka bertobat dan kembali kepada-Nya (bd. Gal 5:4 dgn Gal 4:19; 1Kor 5:1-5 dengan 2Kor 2:5-11; juga lih. Luk 15:11-24; Rom 11:20-23; Yak 5:19-20; Why 3:14- 20; perhatikan contoh Petrus, Mat 16:16; Mat 26:74-75; Yoh 21:15-22).
Kemurtadan (Yun. apostasia) dipakai dua kali dalam PB sebagai kata benda (.Kis 21:21; 2 Tes 2:3) dan di dalam .Ibr 3:12 dalam bentuk kata kerja (Yun.aphistemi; dalam versi lain diterjemahkan sebagai "berbalik dari"). Istilah Yunani ini ditegaskan sebagai tindakan meninggalkan, berkhianat, memberontak, mengundurkan diri atau berbalik meninggalkan sesuatu yang dahulu diikuti.
1) Menjadi murtad berarti memutuskan hubungan keselamatan dengan Kristus atau mengundurkan diri dari persekutuan yang sangat penting dengan Dia dan iman yang sejati kepada-Nya
Dengan demikian kemurtadan pribadi hanya dapat terjadi pada seseorang yang sebelumnya sudah mengalami keselamatan, kelahiran baru, dan pembaharuan melalui Roh Kudus (bd. Luk 8:13; Ibr 6:4-5); kemurtadan bukan sekedar tindakan menyangkal doktrin PB oleh mereka yang belum diselamatkan di dalam jemaat. Kemurtadan mungkin meliputi dua aspek yang berbeda namun berhubungan:
(a) kemurtadan teologis, yaitu: menolak semua atau sebagian dari ajaran asli Kristus dan para rasul (1Tim 4:1; 2Tim 4:3), dan
(b) kemurtadan moral, yaitu: seseorang yang sebelumnya percaya kini tidak lagi tinggal di dalam Kristus dan sebagai gantinya memperbudak dirinya kepada dosa dan kebejatan lagi (Yes 29:13; Mat 23:25-28; Rom 6:15-23; 8:6-13).
2) Alkitab memberikan peringatan yang mendesak mengenai kemurtadan, dengan tujuan mengingatkan kita agar waspada terhadap bahaya meninggalkan kesatuan kita dengan Kristus dan mendorong kita untuk bertekun di dalam iman dan ketaatan.
Maksud ilahi dari ayat-ayat peringatan ini jangan dilemahkan dengan pernyataan, "peringatan- peringatan ini bersifat sungguh-sungguh, tetapi kemungkinan terjadi kemurtadan secara aktual tidak ada." Sebaliknya, kita harus memandang peringatan-peringatan ini sebagai mengacu kepada realitas masa percobaan kita sehingga kita harus betul-betul memperhatikannya jikalau kita ingin mencapai keselamatan pada akhirnya. Beberapa ayat PB yang berisi peringatan adalah: Mat 24:4-5,11-13; Yoh 15:1-6; .Kis 11:21-23; 14:21-22; 1Kor 15:1- 2; Kol 1:21-23; 1Tim 4:1,16; .1Tim 6:10-12; 2Tim 4:2-5; Ibr 2:1-3; 3:6- 8,12-14; 6:4-6; .Yak 5:19-20; 2Pet 1:8- 11; 1Yoh 2:23-25.
3) Contoh-contoh kemurtadan yang sesungguhnya terjadi
terdapat dalam .Kel 32:1-35; 2Raj 17:7-23; Mazm 106:1-48; Yes 1:2-4; Yer 2:1-9; .Kis 1:25; Gal 5:4; 1Tim 1:18-20; 2Pet 2:1,15,20-22; Yud 1:4,11-13; mengenai kemurtadan yang dinubuatkan akan terjadi di dalam gereja pada akhir zaman ini.
4) Langkah-langkah yang menuju kepada kemurtadan adalah sebagai berikut:
(a) Orang-orang percaya, melalui ketidakpercayaan, tidak memperhatikan dengan sungguh-sungguh kebenaran, nasihat, peringatan, janji, dan ajaran Firman Allah (Mr 1:15; Luk 8:13; Yoh 5:44,47; .Yoh 8:46).
(b) Ketika kenyataan-kenyataan dunia ini menjadi semakin nyata dibandingkan dengan kenyataan-kenyataan Kerajaan Allah yang sorgawi, orang-orang percaya secara berangsur-angsur berhenti menghampiri Allah melalui Kristus (.Ibr 4:16; 7:19,25; 11:6).
(c) Melalui kelicikan dosa, orang percaya itu makin toleran terhadap dosa dalam kehidupan mereka sendiri (1Kor 6:9-10; Ef 5:5; .Ibr 3:13). Mereka tidak lagi mengasihi keadilan atau membenci kefasikan (Ibr 1:9).
(d) Karena degil hati (Ibr 3:8,13) serta menolak jalan Allah (Ibr 3:10), orang-orang percaya ini berkali-kali mengabaikan suara dan teguran Roh Kudus (Ef 4:30; 1Tes 5:19-22).
(e) Roh Kudus didukakan (Ef 4:30; bd.Ibr 3:7-8) dan api-Nya dipadamkan (1Tes 5:19), bait-Nya dirusak (1Kor 3:16). Karena itu akhirnya Ia meninggalkan orang yang dahulu percaya (Hak 16:20; Mzm 51:13; Rom 8:13; 1Kor 3:16-17; Ibr 3:14).
5) Jikalau kemurtadan berjalan terus tanpa dikendalikan, orang-orang percaya itu mungkin akhirnya mencapai titik di mana mereka tidak mendapat kesempatan lagi untuk kembali kepada Tuhan.
(a) Mereka yang pernah mengalami keselamatan namun kemudian dengan sengaja dan terus-menerus mengeraskan hati terhadap suara Roh (Ibr 3:7-19), terus berbuat dosa dengan sengaja (Ibr 10:26), serta menolak untuk bertobat dan kembali kepada Allah mungkin akan mencapai titik di mana mereka tidak bisa berbalik lagi sehingga tidak mungkin bertobat dan menerima keselamatan lagi (Ibr 6:4-6;Ul 29:18-21;1Sam 2:25;Ams 29:1).
Kesabaran Allah ada batasnya (lih. 1Sam 3:11-14; Mat 12:31-32; .2Tes 2:9-11; Ibr 10:26-29,31; 1Yoh 5:16).
(b) Titik di mana orang tidak bisa bertobat lagi ini tidak dapat ditentukan sebelumnya. Oleh karena itu, satu-satunya pengaman untuk tidak terjerumus ke dalam kemurtadan akhir ditemukan dalam nasihat, "Pada hari ini jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu" (Ibr 3:7-8,15; 4:7)
6) Haruslah ditekankan bahwa sekalipun kemurtadan merupakan bahaya bagi semua orang percaya yang mulai hanyut dari iman (Ibr 2:1-3) dan undur dari Allah (Ibr 6:6), perbuatan itu tidak akan menjadi lengkap jikalau orang yang bersangkutan tidak dengan sengaja dan terus-menerus berbuat dosa terhadap suara Roh Kudus
("Mat 12:31" mengenai dosa terhadap Roh Kudus).
7) Mereka yang menjauhkan diri dari Allah karena hati yang tidak percaya (Ibr 3:12) mungkin berpikir bahwa diri mereka masih Kristen namun ketidakacuhan mereka terhadap tuntutan-tuntutan Kristus dan Roh Kudus serta peringatan- peringatan Alkitab menunjukkan keadaan yang sebaliknya.
Karena kemungkinan penipuan diri ini ada, Paulus mendesak agar semua orang yang mengaku diri sudah diselamatkan untuk "uji ... dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak dalam iman. Selidikilah dirimu"(2Kor 13:5).
8) Mereka yang sungguh-sungguh mempunyai perhatian terhadap keadaan rohani dan hati mereka ingin berbalik kepada Allah dalam pertobatan memiliki bukti yang pasti bahwa mereka tidak melakukan kemurtadan yang tidak bisa diampuni. Alkitab dengan jelas menandaskan bahwa Allah tidak ingin seorang pun binasa ( .2Pet 3:9; bd. .Yes 1:18-19; 55:6-7) dan menyatakan bahwa Allah akan menerima kembali semua orang yang pernah mengalami kasih karunia yang menyelamatkan jikalau mereka bertobat dan kembali kepada-Nya (bd. Gal 5:4 dgn Gal 4:19; 1Kor 5:1-5 dengan 2Kor 2:5-11; juga lih. Luk 15:11-24; Rom 11:20-23; Yak 5:19-20; Why 3:14- 20; perhatikan contoh Petrus, Mat 16:16; Mat 26:74-75; Yoh 21:15-22).
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment
Ia yang tidak bodoh adalah yang memberikan apa yang tidak dapat disimpannya. Please Comment! :)